Berita

09 Maret 2024   15:40 WIB

Pj Bupati Kudus Hadiri Konferkab PWI Kabupaten Kudus

Pj Bupati Kudus Hadiri Konferkab PWI Kabupaten Kudus

Pj Bupati Kudus Hadiri Konferkab PWI Kabupaten Kudus

KUDUS - Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menghadiri Konferkab Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kudus di lantai 3 Gedung C Disdukcapil Kudus, Sabtu (9/3). Acara tersebut juga dihadiri oleh pengurus PWI Provinsi Jawa Tengah, Pj. Sekda Kudus, serta sejumlah anggota PWI Kudus.

Dalam kesempatan tersebut, Hasan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik antara Pemkab Kudus dan wartawan, yang telah membagikan informasi positif dan memberikan edukasi kepada publik. Dirinya berharap wartawan dapat memegang teguh kompas moral dalam menyajikan informasi yang positif dan edukatif.

"Kami juga sampaikan apresiasi atas kolaborasi yang baik selama ini dari pemkab maupun dari wartawan sehingga menghasilkan informasi yang positif dan mengedukasi," ujarnya.

Hasan menekankan pentingnya verifikasi dan validasi informasi yang disampaikan wartawan untuk menjaga kesehatan ruang publik dan demokrasi yang terjaga.

"Verifikasi dan validasi informasi yang disampaikan wartawan adalah kunci untuk menjaga kesehatan ruang publik dan terjaganya demokrasi.,” tekannya.

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud, menyoroti pentingnya akhlak dan kearifan wartawan dalam memahami kode etik jurnalistik. Amir menegaskan bahwa profesionalitas seorang wartawan tidak hanya ditentukan oleh kemampuan teknis atau keahlian jurnalistik semata.

"Mari kita menjadi wartawan yang berakhlak, menggambarkan dunia kewartawanan yang maslahah bagi masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, Amir juga mengingatkan agar anggota PWI, khususnya di Kudus, untuk menjaga keteraturan administratif sebagai anggota PWI, termasuk dalam mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang sedang digalakkan oleh PWI Pusat.(*)

Info