Berita

20 Maret 2024   13:10 WIB

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I: Kolaborasi untuk Kemajuan Usaha Tani di Kudus

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I: Kolaborasi untuk Kemajuan Usaha Tani di Kudus

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap I: Kolaborasi untuk Kemajuan Usaha Tani di Kudus

KUDUS - Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie menghadiri Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2024 di Lapangan Desa Bulungkulon, Kecamatan Jekulo pada Rabu (20/3). Acara penutupan tersebut dihadiri pula oleh Jajaran Forkopimda, pejabat TNI-Polri, pimpinan OPD terkait, dan Camat Jekulo beserta Forkopimcam.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Hasan menyatakan bahwa program TMMD bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan di pedesaan serta daerah terpencil. Sasaran fisik TMMD meliputi pembangunan dan perbaikan infrastruktur seperti jalan, gorong-gorong, talud, jembatan, poskamling, dan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"TMMD bertujuan membantu percepatan pembangunan pedesaan dan daerah terpencil dengan fokus pada infrastruktur vital seperti jalan, gorong-gorong, dan rehabilitasi RTLH,” ujarnya.

Tak hanya pembangunan infrastruktur fisik, Hasan juga menyebut bahwa program nonfisik seperti penyuluhan dan pelatihan ketahanan pangan, pertanian terpadu, dan urban farming turut dilaksanakan.

“Program TMMD tidak hanya membangun infrastruktur, tetapi juga menyelenggarakan program-program unggulan, seperti ketahanan pangan, pertanian terpadu, dan urban farming, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Hasan kemudian menekankan pentingnya menjaga semangat kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan rakyat. Salah satu perwujudan dari semangat tersebut yakni dengan memelihara hasil pembangunan infrastruktur fisik dan nonfisik, serta mengevaluasi pelaksanaan pembangunan yang telah dilakukan.

“Dengan pentingnya kebersamaan TNI dan rakyat, semangat gotong royong, dan evaluasi pelaksanaan TMMD adalah kunci kesuksesan,” tutupnya.

Dandim Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo menyatakan bahwa salah satu sasaran fisik yang dilakukan adalah betonisasi jalan usaha tani, dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas petani khususnya terkait mobilitas hasil panen. Dirinya berharap program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Betonisasi jalan usaha tani kami harap akan memberikan manfaat besar bagi petani dan kesejahteraan masyarakat lokal,” ucapnya.

Sebagai informasi tambahan, TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun Anggaran 2024 di Desa Bulungkulon ini telah melaksanakan betonisasi jalan usaha tani sepanjang 900 meter, lebar 3 meter, dan tebal I5 cm yang terbagi menjadi dua titik.(*)

Info