Berita

28 Juli 2023   12:40 WIB

Tinjau Korban Musibah Kebakaran, Bupati Hartopo Serahkan Bantuan

Tinjau Korban Musibah Kebakaran, Bupati Hartopo Serahkan Bantuan

Tinjau Korban Musibah Kebakaran, Bupati Hartopo Serahkan Bantuan

KUDUS - Dua kejadian kebakaran di Desa Gulang Kecamatan Mejobo pada dua bulan terakhir mendapat atensi Bupati Kudus Hartopo. Pihaknya menyambangi korban kebakaran dan menyerahkan bantuan pada Jumat, (28/7). 

"Kami turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa keluarga Bapak Sumantri dan keluarga Bapak Surahmat," ungkapnya.

Sebagai informasi, rumah Sumantri (50), warga Desa Gulang RT 8 RW 4 Kecamatan Mejobo, dilalap si jago merah pada Jumat (16/6) siang. Api diduga berasal dari selang kompor pengopen yang bocor lalu tersulut api dari kompor lain di sebelahnya. Api membesar dan merambat benda sekitar hingga ke atap bangunan. 

Bupati menyerahkan bantuan sosial sebesar 10 juta rupiah kepada Sumantri. Pihaknya menguatkan hati Sumantri dan menjelaskan agar bantuan dapat dipergunakan sebaik-baiknya.

"Ada sedikit bantuan dari kami, memang tidak banyak. Tapi semoga dapat meringankan beban Bapak sekeluarga," ucapnya.

Sementara itu, rumah milik Surahmat, warga Desa Gulang RT 03 RW 05 Kecamatan Mejobo pada Jumat (7/7) malam terbakar akibat bocornya gas elpiji. Si jago merah membakar separuh lebih bagian rumah Surahmat. Atas kejadian itu, bupati menyerahkan bantuan untuk renovasi rumah senilai 17,5 juta rupiah.

"Semoga bantuan kami membantu Pak Surahmat untuk membangun rumah kembali," terangnya.

Bupati meminta masyarakat hati-hati dalam menggunakan gas elpiji. Pihaknya mengimbau agar gas elpiji ditempatkan di tempat yang lebih terbuka sehingga ketika ada potensi bocor bisa ditangani dengan cepat.

"Memang menggunakan gas elpiji harus sangat hati-hati. Jangan ditempatkan di ruangan yang tertutup, nanti kalau ada kebocoran apinya cepat merambat kemana-mana," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersinergi untuk menyalurkan bantuan bagi korban bencana dengan cepat. Hartopo berterima kasih kepada Ketua Baznas Kudus Noor Badi yang sigap memberikan bantuan untuk para korban. 

"Terima kasih kepada Pak Noor Badi dan teman-teman dari Baznas yang selalu cepat tanggap memberikan bantuan bagi korban bencana," imbuhnya.

Kepala Desa Gulang Aris Subkhan berterima kasih atas perhatian bupati. Pihaknya akan mengawal renovasi rumah milik Surahmat sampai selesai.

"Matur nuwun Pak Bupati, ini benar-benar Jumat berkah. Kami siap mengawal renovasi rumah Pak Surahmat," jelasnya. (*)

Info