Berita

14 Agustus 2023   12:35 WIB

Lantik Kepala Sekolah, Hartopo : Integritas Harus Dijaga Demi Marwah Sekolah

Lantik Kepala Sekolah, Hartopo : Integritas Harus Dijaga Demi Marwah Sekolah

Lantik Kepala Sekolah, Hartopo : Integritas Harus Dijaga Demi Marwah Sekolah

KUDUS - Sebanyak 47 ASN Guru SD dan SMP mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah di lingkungan Pemkab Kudus oleh Bupati Kudus Hartopo di Pendapa Kudus, Senin (14/8) siang.

Ucapan selamat diberikan Bupati Hartopo usai melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan. Pihaknya mengatakan mutasi bagi aparatur negara adalah hal yang biasa sebagai bentuk penyegaran. Oleh karena itu, pihaknya meminta ASN selalu siap di tempatkan di manapun berada.

"Mutasi adalah hal biasa, tujuannya untuk penyegaran. Juga bagian pemerataan kualitas SDM," ungkapnya.

Pihaknya berpesan agar seluruh kepala sekolah dapat memiliki dan menjunjung tinggi integritas demi menjaga marwah dan nama baik sekolah. Sebab, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat untuk membawa keberhasilan di lingkungannya.

"Jaga integritas yang ada di sekolah. Kepala sekolah memiliki tanggung jawab yang besar di pundaknya," pesannya.

Terkait manajerial dan leadership, Hartopo meminta kepala sekolah memiliki keduanya. Sebab kepala sekolah menjadi ujung tombak untuk membawa kemajuan sekolah yang ia pimpin.

"Manajerial dan leadership bisa memberikan kontribusi pada sekolah. Maka kepala sekolah harus memiliki keduanya," pintanya.

Selain itu, kepala sekolah juga memiliki tantangan tersendiri dalam upaya mendidik dan mencerdaskan anak dengan baik. Maka, pihaknya menegaskan agar sekolah tidak memanjakan murid dengan memberikan bantuan nilai ketika murid tidak mampu mengikuti pembelajaran.

"Jangan sampai kasih kesempatan manja di sekolah, jika ingin kualitas SDM anak baik. Tidak usah dibantu terkait pemberian nilai, karena dampaknya sangat buruk bagi perkembangan muridnya," tegasnya.

Pihaknya juga memberikan masukan dan saran agar kepala sekolah dapat berlaku tegas terkait kedisiplinan di internal sekolah sebagai sebuah kebijakan yang harus diterapkan dan wajib diikuti oleh semua guru maupun murid yang ada.

"Saran saya, perketat aturan yang ada di sekolah dengan kedisiplinan. Semua demi kebaikan anak didik kita. Saya tidak ingin ada kepala sekolah  yang lemah terkait pembuatan kebijakan," sarannya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Putut Winarno menyebut, dari 47 guru, terdapat 4 orang guru SMP dan 43 orang guru SD yang mengikuti pelantikan sebagai kepala sekolah, baik secara daring maupun luring.

"Jumlah guru yang dilantik menjadi kepala sekolah ada 47 orang. 4 guru SMP dan 43 guru SD," sebutnya. (*)

Info