Berita

26 Agustus 2023   19:40 WIB

Seminar Program Hamil: Mawar Hartopo Membahas Langkah Penting untuk Kehamilan Sehat

Seminar Program Hamil: Mawar Hartopo Membahas Langkah Penting untuk Kehamilan Sehat

Seminar Program Hamil: Mawar Hartopo Membahas Langkah Penting untuk Kehamilan Sehat

KUDUS - Ketua GOW Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, membuka seminar program hamil yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Umum Nurussyifa, bekerjasama dengan Klinik Teratai RS Gading Pluit Jakarta, di Hotel @hom Kudus, Sabtu (26/8).

Mawar Hartopo menyampaikan bahwa masa kehamilan memiliki dampak besar terhadap kualitas sumber daya manusia di masa depan. Ia menekankan perlunya asupan gizi yang tinggi dan pola hidup sehat bagi ibu hamil, termasuk menghindari alkohol dan merokok.

"Perlunya asupan gizi yang cukup tinggi dan pola hidup sehat bagi ibu hamil, termasuk menghindari alkohol dan merokok, menjadi fokus untuk memastikan perkembangan janin yang sehat dan selamat”, ujarnya.

Selain itu, Mawar Hartopo menyoroti kesiapan fisik dan mental selama masa kehamilan yang sering kali kurang dipahami oleh ibu yang mengalami kehamilan pertama. Pengetahuan tentang persiapan dan tanda-tanda persalinan dianggap penting untuk menghindari risiko bagi ibu hamil. 

“Kesiapan fisik dan mental selama masa kehamilan adalah hal yang perlu diperhatikan dengan serius. Sayangnya, ibu hamil pertama kali sering kali kurang memahami aspek ini"

dr. M Maulana Sofri, dokter spesialis OBGYN di RSU Nurussyifa, mengingatkan pasangan suami istri untuk tidak menunda kehamilan karena peluang kehamilan dapat menurun seiring bertambahnya usia. Beliau juga menghimbau untuk menjalani pola hidup sehat, berhubungan secara rutin pada masa subur, serta mempertimbangkan berbagai program promil yang sesuai, termasuk opsi alami, inseminasi, dan bayi tabung.

“Jangan menunda kehamilan, karena peluangnya dapat menurun seiring bertambahnya usia"

Acara yang diselenggarakan RSU Nurussyifa ini diharapkan akan berdampak positif pada upaya melahirkan generasi berkualitas bagi bangsa. Dengan acara seminar ini, diharapkan pengetahuan tentang langkah-langkah penting dalam program hamil dapat lebih tersosialisasikan kepada pasangan suami istri, serta membantu mewujudkan kehamilan yang sehat dan berhasil.

Sebagai informasi, acara ini dihadiri pula oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Nuryanto, serta narasumber seperti dr. Seindy Glamour dan dr. Rini Ariyani. Hadir pula Direktur dan Komisaris PT Tetra Medikaloka serta Direktur RSU Nurussyifa, dr. Hendratni Dewanti.

Info