Berita

31 Agustus 2023   15:25 WIB

Berkantor di Desa, Bupati Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Maksimal

Berkantor di Desa, Bupati Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Maksimal

Berkantor di Desa, Bupati Pastikan Pelayanan Publik Berjalan Maksimal

Hartopo: Kegiatan Rutin dan Tidak Teragendakan

KUDUS - Demi optimalisasi pelayanan publik sekaligus mengawasi kinerja stafnya, Bupati Kudus Hartopo kerap kali  berkantor di desa tanpa diagendakan terlebih dahulu. Seperti yang terlihat saat ia berkantor di Kantor Pemerintah Desa Bakalankrapyak, Kaliwungu, Kamis (31/8).

"Kunjungan saya adalah hal rutin dan tidak diagendakan. Saya ingin melihat semua pelayanan publik berjalan dengan baik dan maksimal," ucapnya.

Saran dan masukan pun diberikan Bupati Hartopo kepada Pemerintah Desa Bakalankrapyak. Menurutnya keberhasilan pelayanan di lingkup pemerintah desa adalah indikator keberhasilan bagi pemerintah daerah.

"Desa sebagai indikator keberhasilan pemerintah daerah. Jika desa dipandang baik, maka Pemda juga otomatis mendapatkan citra baik dari masyarakat," ungkapnya.

Bupati Hartopo ingin birokrasi dapat berjalan sesuai aturan dan regulasi yang berlaku sehingga tidak muncul permasalahan akibat ketidaktahuan. Oleh karena itu, pihaknya terus memberikan motivasi kepada stafnya untuk terus belajar agar dapat menjalankan tupoksi dengan baik dan benar.

"Kita sebagai pemangku wilayah tentu tidak semua berlatar belakang sama. Mau tidak mau harus laksanakan birokrasi yang ada sesuai regulasi, maka kita harus rajin belajar dalam upaya penyelenggaraan pemerintah," ajaknya.

Bupati Hartopo juga menekankan kepada seluruh jajaran perangkat desa akan pentingnya integritas dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya dalam mengelola keuangan.

"Saya pesan, hati-hati dalam pengelolaan keuangan serta penyelenggaraan pemerintah. Jangan sampai terjerumus di lubang kesalahan yang fatal," pesannya.

Tak lupa, Bupati Hartopo meminta kepada aparatur pemerintah desa untuk selalu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait beberapa hal utama yang menjadi fokus perhatian, di antaranya upaya penurunan stunting, imbauan pengurusan sertifikat tanah, dan keikutsertaan peserta BPJS Kesehatan bagi keluarga tidak mampu.

"Selalu berikan edukasi dan pemahaman bagi masyarakat tentang pentingnya hal ini untuk memproteksi diri dari permasalahan yang timbul nanti," pintanya.

Terakhir, jelang masa purna, Bupati Hartopo menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh perangkat desa jika ada sikap, ucapan, maupun kebijakan yang dinilai kurang berkenan.

"Bulan depan saya purna. Jika ada kinerja saya terutama sikap, ucapan, dan kebijakan yang kurang berkenan, saya mohon maaf setulusnya. Tetap jaga silaturahmi di antara kita," ungkapnya.

Kepala Desa Bakalankrapyak, Susanto, dan mengaku siap menindaklanjuti masukan dan arahan yang diberikan oleh Bupati Kudus Hartopo. Dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan demi kelancaran birokrasi di wilayah yang ia pimpin.

"Terima kasih atas saran dan masukannya, ini menjadi bekal untuk evaluasi kita agar birokrasi kita semakin baik," ucapnya.

Sebagai informasi, Bupati Kudus Hartopo berkantor di Desa Bakalankrapyak, Kaliwungu didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Adi Sadhono Murwanto dan Camat Kaliwungu Satria Agus Himawan. (*)

Info