Berita

12 September 2023   13:10 WIB

Resmikan Pasar Saerah, Bupati Hartopo: Pasar Sayur dan Buah Makin Representatif

Resmikan Pasar Saerah, Bupati Hartopo: Pasar Sayur dan Buah Makin Representatif

Resmikan Pasar Saerah, Bupati Hartopo: Pasar Sayur dan Buah Makin Representatif

KUDUS - Beberapa waktu terakhir, pedagang sayur dan buah belum memiliki pasar representatif untuk memasarkan dagangannya. Bupati Kudus Hartopo menyebut pasar buah dan sayur Saerah menjadi angin segar untuk mengurai kemacetan lalu lintas saat pedagang sayur menggelar lapak malam hari di Pasar Bitingan.

"Pasar Saerah bisa menjadi solusi memecah keramaian bagi pedagang sayur malam di Pasar Bitingan. Tempatnya juga lebih representatif dan nyaman," ucapnya saat meresmikan Pasar Saerah di daerah Jati Wetan, Selasa (12/9).

Hartopo meminta pedagang sayur dan buah yang biasa berdagang malam di Pasar Bitingan pindah ke Pasar Saerah. Pihak manajemen pasar disebut memberi penawaran spesial untuk awal sewa. Setelah menempati selama beberapa waktu, pedagang bisa memutuskan untuk pindah atau tetap berada di Pasar Saerah.

"Kami sudah audiensi dengan manajemen biar dikasih keringanan untuk pedagang sayur dan buah di awal sewa. Saya minta pedagang sayur dan buah masuk pasar dulu, tidak boleh jadi pedagang liar di luar," terangnya.

Selain mengurangi kemacetan, kepindahan pedagang sayur malam bisa mengurangi kekumuhan di area eks Matahari. Sehingga lingkungan kota lebih bersih dan rapi. Hal ini juga mendorong investor masuk ke Kabupaten Kudus.

"Kalau pindah ke sini, eks Matahari juga lebih rapi dan tidak kumuh. Investor juga bisa melirik eks Matahari. Panjenengan semua juga pengen wajah kota kita semua bersih dan rapi, kan," urainya.

Pihak manajemen pasar juga diminta Hartopo proaktif menyosialisasikan kepada pedagang sayur. Sehingga bisa membangun komitmen yang baik antara pedagang dan pihak pasar.

"Perwakilan manajemen pasar juga harus terus berkomunikasi dengan pedagang sayur dan buah. Biar ada komitmen bersama," jelasnya. 

Sementara itu, perwakilan manajemen PT. Prakarsa Graha Pangan, Burhamsyah R Wartono menyampaikan Pasar Saerah berupaya menyediakan buah dan sayuran segar dengan harga terjangkau. Seperti filosofi nama Saerah yang merupakan akronim dari sae lan murah (baik dan murah).

"Kami menyediakan pasar yang menjual berbagai jenis buah dan sayur yang berkualitas dan terjangkau. Ini juga bentuk dukungan kami untuk UMKM," paparnya.

Perwakilan pedagang sayur dan buah, Untung, menyambut baik adanya Pasar Saerah. Untung mengajak teman sesama pedagang untuk mempertimbangkan pindah ke Pasar Saerah yang lebih nyaman. Terlebih, lokasi lapak mereka di Pasar Bitingan menimbulkan kemacetan.

"Pasar Saerah memang lebih nyaman dibandingkan di area Pasar Bitingan. Terlebih, di sini ada kios atap sehingga tidak harus membuat atap sementara saat musim hujan," terangnya.

Peresmian Pasar Saerah disaksikan oleh Dandim 0722/Kudus Letkol Inf Andreas Yudhi Wibowo, Ketua Pengadilan Negeri Kudus Wiyanto, dan Perwakilan Forkopimda Kabupaten Kudus. Acara juga dihadiri kepala OPD terkait. (*)

Info