Berita

18 September 2023   12:30 WIB

Mawar Hartopo: Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana

Mawar Hartopo: Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana

Mawar Hartopo: Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana

KUDUS - Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, dengan antusias menghadiri acara Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Rawan Kebencanaan yang diselenggarakan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus pada hari Senin (18/9).

Dalam sambutannya, Mawar Hartopo menyoroti bahwa secara geografis maupun demografis, Kabupaten Kudus tergolong sebagai daerah yang rawan terhadap berbagai jenis bencana. 

Bencana-bencana ini datang silih berganti sesuai dengan perkembangan musim dan seringkali melanda setiap tahun, meskipun upaya antisipasi dan pencegahan telah dilakukan secara dini.

"Saya melihat Kudus daerah rawan bencana, bencana datang bergiliran mengikuti musim, dan sering kali melanda setiap tahun, walaupun telah ada usaha pencegahan sejak dini." Ujarnya.

Mawar Hartopo berharap melalui program KIE ini, para ibu di Kabupaten Kudus akan meningkatkan pengetahuan mereka tentang edukasi bencana, manajemen bencana, dan memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, serta lingkungan saat menghadapi bencana.

"Melalui program KIE ini, harapan saya para ibu-ibu di Kabupaten Kudus dapat meningkatkan pengetahuan mereka tentang manajemen bencana, edukasi bencana, dan pada akhirnya memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, serta lingkungan mereka saat menghadapi bencana," ujarnya.

Kepala BPBD Kabupaten Kudus, Mundir, yang turut hadir dalam acara tersebut menegaskan bahwa Kabupaten Kudus memang termasuk dalam daerah yang rawan bencana. Dengan adanya pelatihan ini, ia berharap anggota TP PKK akan mampu beradaptasi dan bersiap menghadapi berbagai situasi bencana.

"Saya berharap anggota TP PKK dari tingkat kabupaten hingga kecamatan mampu beradaptasi dan bersiap menghadapi berbagai situasi darurat" ujarnya.

Sebagai informasi, dalam acara tersebut turut hadir Ketua TP PKK Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati, Ketua Pokja I dan IV TP PKK Kecamatan Kota dan Jati, serta Ketua TP PKK Desa di seluruh Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati. (*)

Info