Berita

19 September 2023   19:50 WIB

Lepas Kontingen Jambore Daerah, Hartopo: Tunjukkan Kemampuan dan Potensi Terbaik

Lepas Kontingen Jambore Daerah, Hartopo: Tunjukkan Kemampuan dan Potensi Terbaik

Lepas Kontingen Jambore Daerah, Hartopo: Tunjukkan Kemampuan dan Potensi Terbaik

KUDUS - Bupati Kudus HM Hartopo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kudus, secara resmi melepas kontingen Kwartir Cabang Kudus untuk mengikuti Jambore Daerah Penggalang ke-5 Kwarda Jawa Tengah 2023. Acara pelepasan ini berlangsung di Pendopo Kabupaten Kudus, Selasa (19/9).

Dalam sambutannya, Hartopo mengungkapkan bahwa keikutsertaan dalam jambore daerah merupakan sebuah kesempatan berharga yang harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Dirinya berharap pengalaman yang peserta peroleh nantinya dapat menjadi bekal untuk menjadi seorang pemimpin.

"Keikutsertaan ini merupakan sebuah kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Saya menekankan pentingnya mengambil pengalaman dan membawa bekal dalam membentuk jiwa kepemimpinan." Ujarnya

Hartopo juga berpesan kepada kontingen untuk menjaga kesehatan, menjaga nama baik Kabupaten Kudus, memperkuat kekompakan dan menjalin persahabatan selama berkegiatan di sana. Beliau mendorong para peserta untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik mereka.

"Saya sangat mendorong untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik yang kalian miliki, mengutamakan kemandirian, serta memegang teguh dan menerapkan dasa darma Pramuka." Ujarnya

Pimpinan Kontingen (Pinkon) Rizky Oktavian Saputra menyampaikan bahwa kontingen Kwartir Cabang Kudus telah menetapkan target prestasi khusus dalam partisipasi mereka dalam Jambore Daerah ini. Ada tiga kegiatan prestasi yang menjadi fokus utama, yaitu pentas seni budaya, pionering, dan penggalang pintar. Mereka berharap dapat mencapai peringkat tiga besar dalam kegiatan prestasi ini.

"Tiga kegiatan prestasi utama yang menjadi fokus kami adalah pentas seni budaya, pionering, dan penggalang pintar. Kami berharap dapat mencapai peringkat tiga besar dalam kegiatan prestasi ini." Ujarnya

Sebagai informasi, acara pelepasan tersebut dihadiri Ketua Kwartir Cabang Kudus Mawar Anggraeni, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kemenag Kabupaten Kudus. Sebanyak 32 peserta akan berangkat untuk mewakili Kabupaten Kudus dalam ajang ini di tingkat Kwarda Jawa Tengah. Jambore Daerah akan berlangsung mulai tanggal 25 hingga 29 September di Puskepram Candrabirawa, Desa Karanggeneng, Gunungpati, Semarang. (*)

Info