Berita

25 September 2023   16:00 WIB

Sertijab Pj. Bupati Kudus, Bergas Siap Lanjutkan Pembangunan Kudus

Sertijab Pj. Bupati Kudus, Bergas Siap Lanjutkan Pembangunan Kudus

Sertijab Pj. Bupati Kudus, Bergas Siap Lanjutkan Pembangunan Kudus

KUDUS - Penjabat (Pj.) Bupati Kudus Bergas  Catursasi Penanggungan akan melanjutkan program Hartopo yang telah berjalan baik. Terutama yang bertujuan memajukan dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Kudus. Hal itu disampaikannya usai serah terima jabatan dengan bupati sebelumnya, Hartopo, di Pendopo Kabupaten Kudus, Senin (25/9).

"Pak Hartopo telah memimpin Kabupaten Kudus dengan baik. Dengan beban luar biasa yang diemban, beliau berhasil menunaikan tugas dan meraih berbagai penghargaan," paparnya.

Kinerja Hartopo yang telah baik akan menjadi penyemangatnya dalam memimpin Kabupaten Kudus. Meski begitu, Bergas menjelaskan tidak bisa membangun Kudus tanpa bantuan jajaran Forkopimda, kepala OPD, camat, kepala desa, masyarakat maupun rekan wartawan. Sehingga bisa menyelesaikan tanggung jawab dengan baik.

"Ada beberapa catatan kekurangan yang disampaikan Pak Hartopo. Ini akan kami tutup dan tindaklanjuti. Untuk bisa menyelesaikan amanah ini, saya butuh kerja sama semua pihak," terangnya.

Beberapa hal akan menjadi fokus Bergas. Salah satunya pembangunan infrastruktur dan mitigasi bencana. Mengingat musim hujan akan segera datang, pihaknya meminta seluruh OPD untuk bersama-sama mencegah bencana terutama di wilayah yang berpotensi.

"Pencegahan bencana ini tanggung jawab seluruh OPD. Semuanya harus bahu-membahu menganalisis apa yang menjadi penyebab bencana sebelumnya. Biar tak terjadi lagi," urainya.

Hartopo, selaku Bupati Kudus periode 2018-2023, optimis Bergas dapat melanjutkan kepemimpinannya dengan baik. Terlebih, Bergas adalah "orang lama" di Kudus. Sepak terjangnya saat menjadi Kalakhar BPBD Kudus adalah bukti Bergas mampu menangani permasalahan kompleks di Kudus.

"Pak Bergas ini pahlawan dalam penanganan bencana di Kudus. Sudah biasa menyelam di lumpur dan tidur di pohon. Rekam jejaknya luar biasa. Saya yakin beliau bisa membangun Kudus lebih baik lagi," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah Tegoch Hadi Noegroho yang hadir mewakili Pj. Gubernur Jateng menjelaskan masa tugas Bergas kurang lebih 1 tahun dan akan terus dievaluasi tiga bulan sekali oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tegoch menjelaskan salah satu tugas Bergas yakni menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada.

"Ada beberapa tugas yang harus diemban Pak Bergas sebagai Pj. Bupati Kudus. Selain melanjutkan kebijakan bupati terdahulu, juga menyukseskan pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada tahun depan," paparnya.

Disamping sertijab Pj. Bupati Kudus, juga dilakukan sertijab Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Kudus dan Pj. Ketua Dekranasda Kabupaten Kudus dari Mawar Hartopo ke Yusi Bergas Catursasi Penanggungan. Prosesi disaksikan oleh Forkopimda, Kepala OPD, camat, dan seluruh stakeholder terkait. (*)

Info