Berita

27 September 2023   15:00 WIB

Respon Kenaikan Harga Pangan, Pj. Bupati Kudus Salurkan Bantuan

Respon Kenaikan Harga Pangan, Pj. Bupati Kudus Salurkan Bantuan

Respon Kenaikan Harga Pangan, Pj. Bupati Kudus Salurkan Bantuan

Bergas : Bentuk Kepedulian Pemerintah pada Masyarakat

KUDUS - Dalam upaya meringankan biaya hidup masyarakat pra sejahtera serta menjaga stabilitas harga bahan pangan yang terus melonjak, Pemerintah Kabupaten Kudus melalui Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas C. Penanggungan secara simbolis menyalurkan bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II untuk masyarakat di Kecamatan Dawe dan Kecamatan Kaliwungu. Bantuan tersebut diserahkan di dua lokasi, yakni Balai Desa Soco dan Balai Desa Mijen, Rabu (27/9).

"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya penyerahan bantuan ini. Bentuk kepedulian pemerintah pada masyarakatnya," katanya.

Pihaknya meminta bantuan yang digelontorkan dapat tersalurkan dengan baik dan tepat sasaran sesuai acuan data dari dari Kementerian Sosial sehingga proses pendistribusian berjalan lancar dan tertib.

"Saya minta untuk pendistribusian agar benar-benar memperhatikan data para penerima manfaat sesuai acuan data yang diterima dari pusat," pintanya.

Untuk proses pendistribusian bantuan di wilayah lain, Bergas pun telah memastikan bahwa penyaluran bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II telah berjalan baik diseluruh wilayah yang ada di Kabupaten Kudus.

"Alhamdulillah semua proses pendistribusian berjalan baik di seluruh desa yang ada di Kabupaten Kudus," ujarnya.

Terkait kondisi ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Kudus saat ini, pihaknya mengatakan bahwa persediaan yang dimiliki  masih aman. Selain itu, Kabupaten Kudus masih punya cadangan beras dari pemerintah pusat yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang terdampak, apalagi yang berkaitan dengan kebencanaan dan kedaruratan.

"Kita masih punya cadangan pangan dari pusat yang bisa digunakan dalam kondisi darurat atau kebencanaan," pungkasnya.

Raut bahagia terpancar dari wajah Tumini, salah seorang warga Desa Soco RT 03/03, Dawe saat menerima bantuan beras sebanyak 10 kilogram. Dirinya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan pemerintah melalui bantuan tersebut.

"Maturnuwun saya ucapkan kepada pemerintah. Lewat Pak Bupati, secara langsung beras diberikan pada masyarakatnya. Sangat membantu di tengah lonjakan harga pangan saat ini," ucapnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kabupaten Kudus menyalurkan bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Tahap II secara serentak kepada 51.160 penerima, masing-masing penerima mendapatkan 10 kilogram beras.

Bantuan tersebut diberikan kepada seluruh kecamatan di Kabupaten Kudus, dengan rincian, Kecamatan Bae sebanyak 3.909 penerima, Dawe sebanyak 8.198 penerima, Gebog sebanyak 5.860 penerima, Jati sebanyak 6.103 penerima, Jekulo sebanyak 7.838 penerima, Kaliwungu sebanyak 4.678 penerima, Kota sebanyak 3.307 penerima, Mejobo sebanyak 5.513 penerima, dan Undaan sebanyak 5.754 penerima. 

Turut hadir mendampingi Pj. Bupati, Asisten II Sekda Kudus, Kepala Dinsos P3AP2KB Kudus, Camat Dawe dan Camat Kaliwungu beserta kepala desa masing-masing. (*)

Info