Berita

20 Oktober 2023   13:40 WIB

Pj. Bupati Kudus Nilai TMMD Bentuk Dukungan Percepatan Pembangunan Daerah

Pj. Bupati Kudus Nilai TMMD Bentuk Dukungan Percepatan Pembangunan Daerah

Pj. Bupati Kudus Nilai TMMD Bentuk Dukungan Percepatan Pembangunan Daerah

KUDUS - Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023 di Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus telah selesai dilaksanakan. Acara penutupan dilaksanakan di Lapangan Desa Pedawang dan hadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas C. Penanggungan beserta unsur Forkopimda Kudus dan Kepala OPD terkait pada Kamis (19/10).

Bergas mengucapkan terimakasih atas terlaksananya program TMMD yang dinilai sebagai bentuk dukungan pada pemerintah daerah dalam upaya percepatan dan peningkatan pembangunan yang tidak hanya menyasar pembangunan fisik, namun juga menyasar pembangunan non fisik.

"Saya ucapkan terimakasih atas program TNI, khususnya dari Kodam IV Diponegoro yang telah berhasil menyelenggarakan TMMD di berbagai tempat," ucapnya.

Pihaknya berharap program TMMD dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen bangsa, sekaligus untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan di masyarakat.

"Program TMMD diharap dapat menjadi sarana untuk bersinergi antar komponen bangsa dalam mewujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan bersama," harapnya.

Beberapa pesan penting dari Panglima Kodam IV/Diponegoro juga disampaikan Bergas dalam penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023. Diantaranya, memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, memelihara semangat gotong royong, menjaga dan memelihara hasil progam TMMD dengan baik, Dansatgas TMMD diminta mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan, dan para prajurit diminta untuk kembali pada satuan masing-masing.

"Laksanakan apa yang menjadi amanah dari panglima Kodam IV/Diponegoro sehingga apa yang telah kita lakukan dapat bermanfaat," pesannya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf. Andreas Yudhi Wibowo sebagai pihak kesatu menyerahkan naskah hasil sasaran fisik dan non fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III Tahun Anggaran 2023 Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus pada pihak kedua Pj. Bupati Kudus Bergas C. Penanggungan.

"Kegiatan sudah selesai disertai dengan bukti penyerahan naskah hasil kegiatan TMMD dari pihak kesatu pada pihak kedua," jelasnya.

Sebagai informasi, sasaran Fisik dari program TMMD meliputi, Betonisasi jalan dengan panjang 700 meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 cm. Sementara sasaran non fisik meliputi, penyuluhan radikalisasi dan terorisme, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba dan kamtibmas, penyuluhan KB-Kesehatan, penyuluhan stunting, penyuluhan pertanian, penyuluhan pemberdayaan masyarakat, penyuluhan penanggulangan bencana alam, penyuluhan pengembangan UMKM, dan penyuluhan pembinaan mental.

Usai pelaksanaan penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023 di Desa Pedawang, Pj. Bupati Kudus beserta unsur Forkopimda berkesempatan meninjau dan meresmikan hasil sasaran Fisik berupa betonisasi jalan. (*)

Info