Berita

30 Oktober 2023   15:35 WIB

Visitasi KI Jateng, PPID Kabupaten Kudus Lolos ke Tahap Uji Publik

Visitasi KI Jateng, PPID Kabupaten Kudus Lolos ke Tahap Uji Publik

Visitasi KI Jateng, PPID Kabupaten Kudus Lolos ke Tahap Uji Publik

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus Dwi Yusi Sasepti bersama staf, OPD terkait, dan perwakilan Pemdes terkait menerima Visitasi dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah dalam rangka tahapan monitoring dan evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tahun 2023 di Gedung Command Center Diskominfo pada Senin (30/10). 

Dalam visitasi tersebut, Yusi menjelaskan bahwa Diskominfo Kudus per 27 Oktober 2023 telah menerima permohonan informasi dari masyarakat sebanyak 9 (sembilan) permohonan informasi dan semuanya telah ditindaklanjuti.

Sementara itu, Sutarto, Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah menyebut jika visitasi ini bertujuan untuk melihat sejauh mana kesesuaian antara kuesioner yang telah diisi dengan fakta-fakta di lapangan serta melihat apa saja inovasi badan publik dalam mendorong keterbukaan informasi publik.

Menurutnya, penilaian informasi publik dilakukan berdasarkan fakta dan bukti yang ada dan bersifat obyektif, bukan hasil rekayasa. Berdasarkan penilaian tersebut, Kabupaten Kudus memperoleh nilai 95,8 dalam presentasi materi. Jika di rata-rata dari monitoring dan evaluasi (Monev) serta Self Assessment Questionnaire (SAQ), Kabupaten Kudus masuk dalam grand final uji publik lanjutan dengan memperoleh nilai 92,28.

Info