Berita

03 Februari 2024   19:25 WIB

Upaya Mitigasi Bencana, Pj. Bupati Tinjau Infrastruktur dan Pengolahan Sampah

Upaya Mitigasi Bencana, Pj. Bupati Tinjau Infrastruktur dan Pengolahan Sampah

Upaya Mitigasi Bencana, Pj. Bupati Tinjau Infrastruktur dan Pengolahan Sampah

KUDUS - Memasuki musim penghujan, Penjabat Bupati Kudus Muhamad Hasan Chabibie melakukan upaya pencegahan bencana. Hal ini juga dilakukan guna memastikan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari mendatang berlangsung lancar. Hasan mengunjungi beberapa tempat pada Sabtu, (3/2).

"Antisipasi pencegahan bencana harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Upaya pencegahan ini salah satunya untuk mengupayakan pelaksanaan Pemilu berlangsung lancar," terangnya.

Pertama, Hasan bertemu dengan Kepala Desa Menawan Kecamatan Gebog Tri Lestari bersama para relawan di Balai Desa Menawan. Mereka membahas akses Tempat Pemungutan Suara (TPS) 15-19 Dukuh Kambangan yang rawan longsor. Hasan juga langsung meninjau lokasi TPS di SD 2 Menawan.

"Skenario alternatif harus dirancang supaya potensi bencana dapat diminimalisir. Terkait perbaikan akses, akan kami koordinasikan dengan Dinas PUPR," paparnya.

Kades Menawan Tri Lestari menjelaskan perbaikan akses jalan telah diusulkan sejak lama. Pihaknya berterima kasih kepada Pj. Bupati beserta Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kudus Arief Budi Siswanto dan Kalakhar BPBD Kudus Mundir yang meninjau langsung lokasi. Tri Lestari menjelaskan distribusi logistik ke TPS menjadi perhatian tersendiri.

"Kami telah merancang berbagai skenario bersama relawan dan masyarakat. Termasuk pendistribusian logistik sebelum hari H Pemilu," terangnya.

Selanjutnya, Hasan mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R Pager Bumi milik Desa Menawan. Pj. Bupati mengapresiasi pengolahan sampah yang dilakukan di TPS 3R. Pengolahan sampah menjadi salah satu komponen utama dalam mitigasi bencana. 

Oleh karena itu, Hasan juga mengunjungi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo. Di sana, pihaknya membahas pengolahan sampah di TPA bersama Kepala Dinas PKPLH Kabupaten Kudus Abdul Halil.

"Pengolahan sampah di TPA Tanjungrejo menjadi salah satu prioritas kami. Kami mengupayakan sampah dapat diolah lebih efektif," paparnya.

Terakhir, Pj. Bupati meninjau tanggul yang ada di Dukuh Tanggulangin, Desa Jati Wetan bersama perwakilan BBWS Pemali Juwana. Hasan menjelaskan akan terus berkoordinasi dengan BBWS mencegah potensi bencana banjir terutama memasuki musim penghujan. 

"Penanganan banjir di wilayah Tanggulangin  bertahap. Kami terus berkoordinasi dengan BBWS Pemali Juana agar permasalahan banjir segera teratasi," imbuhnya. (*)

Info