Berita

16 Februari 2024   15:50 WIB

Bahas Masalah Banjir, Penjabat Bupati Kudus Adakan Rakor dengan Pemkab Demak

Bahas Masalah Banjir, Penjabat Bupati Kudus Adakan Rakor dengan Pemkab Demak

Bahas Masalah Banjir, Penjabat Bupati Kudus Adakan Rakor dengan Pemkab Demak

KUDUS- Penjabat (Pj) Bupati Kudus, Muhamad Hasan Chabibie, menerima Bupati Demak Eisti’anah beserta rombongan dalam rangka rapat koordinasi penanganan bencana banjir di Kabupaten Demak yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus. Rapat koordinasi tersebut dilaksanakan di Pendopo Belakang Kabupaten Kudus, Jumat (16/2).

Hasan menyatakan bahwa bencana tidak mengenal batas teritorial. Oleh karena itu, dirinya berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada masyarakat Demak yang mengungsi di Kabupaten Kudus.

"Bencana itu tidak ada batas teritori, yang ada rasa kemanusiaan. Oleh karena itu semaksimal mungkin kita berikan support dan backup yang maksimal," ujarnya.

Hasan juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kudus dan sekitarnya yang telah memberikan donasi. Dirinya juga menyatakan akan mendukung dan menaruh perhatian kepada TNI, Polri, dan relawan yang telah berperan dalam penanggulangan bencana.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat yang terdampak, khususnya warga Kudus dan sekitarnya" ujarnya.

Selain itu, Hasan juga menegaskan akan menyediakan logistik bagi pengungsi hingga H+3 setelah mereka kembali ke rumah masing-masing, serta memastikan proses pemulangan pengungsi dilakukan secara bertahap mengingat masih ada rumah yang tergenang air.

"Kita akan bagikan logistik untuk pengungsi hingga H+3 setelah mereka ke rumah masing-masing," ujarnya.

Bupati Demak, Esti’anah, menyatakan bahwa ini kali kedua koordinasi dilakukan dengan Pemkab Kudus. Dirinya menyebut koordinasi ini menghasilkan perbaikan dalam mekanisme penanganan pengungsi Demak di wilayah Kudus.

"Kita telah berkoordinasi dengan pemkab kudus untuk kedua kalinya, sehingga ada perbaikan mekanisme dalam penanganan pengungsi" ujarnya.

Esti’anah juga mengucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan oleh warga Kudus dan sekitarnya kepada warga terdampak. Esti’anah juga menegaskan ketercukupan persediaan logistik untuk pengungsi.

"Saya juga ucapkan terima kasih atas donasi yang diberikan bagi warga kami yang terdampak, untuk logistik pengungsi sejauh ini masih aman," ujarnya.

Sebagai informasi, Pemkab Kudus bersama Pemkab Demak terus berkomunikasi dengan Kementerian PUPR melalui BBWS terkait untuk mengupayakan penanganan tanggul kritis guna mencegah kejadian tanggul jebol kembali terjadi di masa mendatang.(*)

Info