Berita

26 Februari 2024   14:15 WIB

Pj. Bupati Kudus Optimis Panen Raya Masa Tanam I Dapat Mempertebal Stok Pangan

Pj. Bupati Kudus Optimis Panen Raya Masa Tanam I Dapat Mempertebal Stok Pangan

Pj. Bupati Kudus Optimis Panen Raya Masa Tanam I Dapat Mempertebal Stok Pangan

Hasan : Cadangan Pangan Aman, Bahkan Bisa Mensuplai Luar Daerah

KUDUS - Penjabat Bupati Kudus M. Hasan Chabibie didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus menghadiri pelaksanaan 'Panen Raya Masa Tanam I' di Desa Karangrowo, Undaan, Senin (26/2).

Disebutkannya, jumlah luasan Panen Raya Masa Tanam I Tahun 2024 di Kabupaten Kudus seluas 9.116 Hektar. Sementara luasan panen raya di Kecamatan Undaan mencapai 5.825 Hektar. Sedangkan di Desa Karangrowo sendiri seluas 884 Hektar.

"Alhamdulillah kita berkesempatan menyaksikan Panen Raya Masa Tanam I di Karangrowo. Sebetulnya ini sudah mulai panen serentak di Kabupaten Kudus," sebutnya.

Hasan Chabibie melukiskan kegembiraan para petani yang telah berhasil meraih panen raya yang memuaskan. Pihaknya optimis masa panen raya tahun ini dapat mempertebal stok pangan di Kabupaten Kudus, mengingat Kudus juga mensuplai beberapa kebutuhan beras untuk luar daerah.

"Sangat memuaskan panen kali ini, semoga stok pangan kita aman dan dapat mencukupi kebutuhan dalam bahkan luar daerah," harapnya.

Dijelaskannya, Estimasi hasil panen tahun 2023 kemarin sebesar 136.089 Ton dari luasan lahan sekitar 23.308 Hektar dengan rata-rata 66 Kwintal per Hektar. Jika menggunakan asumsi yang sama, Hasan menyebut panen kali ini minimal mendapatkan hasil sama dengan tahun kemarin bahkan kemungkinan bisa lebih mengingat panen raya belum usai dan masih berlanjut bahkan tahun ini sektor pertanian tidak terlalu terdampak banjir.

"Dengan demikian harga beras kita harapkan dapat stabil, hasil yang didapatkan para petani juga dapat dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan," jelasnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Kudus juga menunjukkan perhatiannya pada para petani dengan memberikan bantuan berupa fasilitas penggunaan pompa air dan mesin combi untuk kebutuhan pertanian.

"Kita siapkan juga mesin pompa air dan mesin combi bagi mereka. Bisa dipinjam untuk keperluan pertanian," pungkasnya. (*)

Info