Berita

12 Oktober 2022   14:15 WIB

Bupati Kudus Minta Maksimalkan Pelayanan Publik Dengan Selalu Berinovasi

Bupati Kudus Minta Maksimalkan Pelayanan Publik Dengan Selalu Berinovasi

Bupati Kudus Minta Maksimalkan Pelayanan Publik Dengan Selalu Berinovasi

Hartopo : Penyelenggara Pemerintahan Jangan Monoton

KUDUS - Bupati Kudus H.M. Hartopo membuka Kick Off atau tanda dimulainya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Kabupaten Kudus di ruang rapat lantai IV Gedung A Setda, Rabu (12/10). Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kudus beserta para asisten, para kepala OPD, para camat, serta undangan lainnya. 

Bupati Kudus berujar bahwa KIPP diselenggarakan untuk memotivasi seluruh pejabat pemerintah agar mampu membuat terobosan baru, khususnya dalam segi pelayanan publik. Di mana semakin baik pelayanan yang diberikan, maka akan semakin mempermudah masyarakat dalam mengakses suatu pelayanan yang diperlukan.

"Reformasi birokrasi sangat penting dilakukan, karena perlu adanya inovasi yang baik dalam pelayanan publik sehingga masyarakat yang membutuhkan suatu pelayanan dapat mengakses dengan mudah. KIPP diselenggarakan sebagai motivasi dalam pelayanan," ujarnya.

Selama ini pelayanan publik dianggapnya masih menjadi isu strategis. Maka dari itu, dengan adanya KIPP ini, pihaknya sangat mengapresiasi karena menurutnya dapat menjadi wadah dalam berlomba menciptakan suatu inovasi pelayanan publik.

"Harapan kami, dengan adanya KIPP ini dapat memanage, menata, dan berinovasi agar pelayanan terus berjalan maksimal, bukan saat ada kegiatan seperti ini saja. Apalagi hanya karena diiming-imingi reward, piagam, atau penghargaan. Tapi betul betul tertata untuk bisa menciptakan inovasi pelayanan publik yang terbaik agar ke depan tidak menjadi permasalahan," pintanya.

Oleh karena itu, Hartopo meminta agar setiap OPD memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan menciptakan dan mengoptimalkan suatu aplikasi yang efektif dengan inovasi yang dihasilkan untuk mempermudah pelayanan.

"Para pegawai jangan monoton dalam pelayanan, ciptakan dan kelola dengan maksimal sebuah inovasi baik yang telah ada maupun yang masih direncanakan untuk mempermudah pelayanan sehingga masyarakat bisa mengakses pelayanan secara online untuk mengurangi jumlah antrean mengingat keterbatasan SDM yang dimiliki," imbaunya.

Asisten Administrasi Umum, Mas'ud mengatakan bahwa KIPP yang diselenggarakan bertujuan untuk menjamin, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi pelayanan publik Pemkab Kudus sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Juga dalam rangka memberikan apresiasi dan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik yang inovasinya ditetapkan sebagai 'Top Inovasi Pelayanan Publik' Kabupaten Kudus," terangnya.

"Dalam rangka memotivasi penyelenggara pelayanan publik di lingkungan Pemkab Kudus untuk dapat memberikan pelayanan yang inovatif dan berintegritas guna mewujudkan transparansi pelayanan yang mudah, murah, cepat, dan akuntabel," imbuhnya. (*)

Info