Berita

09 Februari 2023   12:00 WIB

Akreditasi RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Bupati Hartopo Pacu Peningkatan Pelayanan dan SDM

Akreditasi RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Bupati Hartopo Pacu Peningkatan Pelayanan dan SDM

Akreditasi RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Bupati Hartopo Pacu Peningkatan Pelayanan dan SDM

KUDUS - Peningkatan pelayanan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus terus dipacu untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Survei akreditasi pun dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) untuk mengukur kualitas pelayanan RSUD. Pembukaan survei secara luring dilaksanakan di Ruang Komite Medis Lantai 3 RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Kamis (9/2). 

Dalam sambutan Bupati Kudus, Hartopo, mengatakan bahwa upaya peningkatan pelayanan RSUD menjadi hal utama. Hal ini dilihat dari dukungan pemerintah melalui DBHCHT untuk melengkapi peralatan kesehatan. Sehingga masyarakat pun semakin puas dengan layanan kesehatan di Kudus.

"Kelengkapan peralatan kita sudah tersedia dari dana DBHCHT. Alat semuanya komplit dan selalu ditingkatkan baik dari sisi sarpras dan SDM," ujarnya. 

Dirinya mengungkapkan, selalu turun langsung setiap bulan demi memantau pelayanan di RSUD. Sehingga Bupati Hartopo dapat mendengar secara langsung tingkat kepuasan masyarakat. Selama beberapa waktu terakhir, dirinya mengungkapkan sudah tidak ada komplain dari sisi pelayanan secara umum. 

"Setiap bulan saya ke sini, peningkatan pelayanan sudah berjalan baik tidak ada yang komplain. Artinya peningkatan pelayanan sudah oke," katanya.  

Hadir beserta Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, Bupati Hartopo menyampaikan apresiasi kepada pihak RSUD yang telah mempersiapkan proses akreditasi dengan sebaik-baiknya. Dirinya optimis akreditasi kali ini dapat mencapai hasil paripurna sesuai yang diharapkan. 

"Terima kasih jajaran rumah sakit meningkatkan pelayanan, manajemen, pemeliharaan gedung yang harus terus ditingkatkan. Mudah mudahan mencapai paripurna yang luar biasa," ujarnya. 

Plt. Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus, Mustiko Wibowo, memaknai momen akreditasi sebagai kesempatan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit. Sehingga RSUD dapat menjadi rumah sakit andalan yang menjadi rujukan bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya. Dalam pelayanan, pihaknya mengimplementasikan filosofi gusjigang menjadi empat nilai dasar yakni profesional, akuntabel, transparan dan inovatif. 

"Momentum akreditasi ini untuk bersatu memperbanyak kebaikan untuk masyarakat, sehingga RSUD memberi semua kebaikan, dan hal yang kurang baik diperbaiki," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Surveior Ratnawati, mengapresiasi kepercayaan RSUD Loekmono Hadi Kudus yang telah memilih LARS DHP dalam survei akreditasi. Kehadiran ia beserta tim sebagai pembimbing untuk melihat pelayanan dari sudut pandang yang berbeda. Setelah melaksanakan survei secara daring tiga hari sebelumnya, ia melihat capaian luar biasa yang ditunjukkan oleh RSUD Loekmono Hadi Kudus. 

"Jangan jadikan akreditasi sebagai monumental tapi bergerak terus dan diaplikasikan secara terus menerus dan pijakan menjadi lebih baik," pesannya. 

Survei akreditasi ini dilaksanakan selama 3 hari. Dengan satu hari secara daring pada 6 Februari lalu dan dilanjutkan 2 hari secara luring pada tanggal 9-10 Februari 2023. Ketua Tim Surveior Ratnawati, hadir beserta dua anggota yaitu Nurul Isnaeni, dan Wahyudi. (*)

Info