Berita

12 Februari 2023   22:00 WIB

Lepas Kontingen Kemnas V, Ketua Kwarcab Kudus : Cari Pengalaman Tambah Pertemanan

Lepas Kontingen Kemnas V, Ketua Kwarcab Kudus : Cari Pengalaman Tambah Pertemanan

Lepas Kontingen Kemnas V, Ketua Kwarcab Kudus : Cari Pengalaman Tambah Pertemanan

KUDUS - Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) Cabang Kudus siap mengikuti Kemah Ukhuwah Nasional (Kemnas) V. Sebanyak 32 peserta yang terdiri 16 siswa SD IT dan 16 siswa SMP IT diberangkatkan oleh Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, di halaman pendopo, Senin (13/2) malam. Dengan menggunakan dua bus, kontingen akan menuju lokasi perkemahan di Buperta Cibubur, Jakarta. 

Dalam apel pemberangkatan, Ketua Kwarcab menyampaikan beberapa pesan dan kata penyemangat kepada peserta. Selama mengikuti kegiatan pada 15-18 Februari nantinya, peserta diminta selalu menjaga kesehatan. Dengan selalu makan tepat waktu, perbanyak minum air putih, dan istirahat yang cukup.

"Terpenting, jaga kesehatan, kalau merasa kurang enak badan segera bilang ke pendamping. Kakak mendoakan semoga berangkat dan pulang dengan selamat," tuturnya.

Melalui kegiatan tersebut tentu menjadi ajang untuk meningkatkan keterampilan kepramukaan. Namun, menurut Mawar Anggraeni yang tak kalah penting adalah kesempatan memperluas silaturahmi dengan menambah hubungan pertemanan. Menunjukkan keramahan Kudus kepada peserta dari berbagai daerah. 

"Tunjukkan sikap dan tingkah laku bahwa masyarakat Kudus baik, ramah dan menyenangkan. Jangan malu, carilah teman sebanyak banyaknya," tuturnya. 

Mawar Anggraeni mengaku bangga terhadap para peserta yang terpilih untuk membawa nama besar Kabupaten Kudus. Maka dari itu, kesempatan yang berharga ini diharapkan dapat mencetak generasi penerus yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab.  

"Nanti disana diajarkan untuk mandiri, disiplin dan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Suatu kebanggan bisa mewakili Kudus dalam kegiatan di tingkat nasional," katanya. 

Terkait persiapan yang dilakukan, Pembina Pramuka SDIT Al Islam, Budi Harnoto, menyebut siswa sudah mendapat pembekalan. Diantaranya adalah pelatihan kepramukaan, baris berbaris hingga wawasan teknologi. Disana, peserta juga akan mendapat pendampingan dari 13 pembina. 

"Dua rombongan dari SD dan SMP ini nanti berangkat ke bumi perkemahan Cibubur, Jakarta. Mereka akan bertemu peserta se-Indonesia bahkan dari luar negeri, Brunei dan Malaysia," jelasnya.   

Dia juga menjelaskan bahwa Kemnas adalah agenda rutin setiap empat tahun sekali bagi Sako Pramuka SIT. Kemnas tahun ini seharusnya dilaksanakan tahun 2022 lalu, tetapi mundur akibat adanya pandemi. Meski demikian, lanjut Budi Harnoto, hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta. 

"Peserta bersemangat, disana selain kemah juga ada semacam lomba, kegiatan olahraga, pengetahuan teknologi dan ada kunjungan wisata edukasi," pungkasnya.(*)

Info