Berita

14 Maret 2023   07:15 WIB

Pimpin Rakercab 2023, Ketua Kwarcab Kudus : Rencanakan dan Laksanakan Program Kerja Sesuai Tupoksi

Pimpin Rakercab 2023, Ketua Kwarcab Kudus : Rencanakan dan Laksanakan Program Kerja Sesuai Tupoksi

Pimpin Rakercab 2023, Ketua Kwarcab Kudus : Rencanakan dan Laksanakan Program Kerja Sesuai Tupoksi

 

KUDUS - Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Kudus melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2023. Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni memimpin langsung rapat yang bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 4 Gedung A Setda, Senin (13/3). Pertemuan melibatkan seluruh pengurus Kwartir Cabang, Kwartir Ranting, dan Pimsaka Gerakan Pramuka se-Kabupaten Kudus.

Banyak hal yang dibahas dalam Rakercab ini, diantaranya adalah sosialisasi, koordinasi, dan konsultasi rencana program kerja tahun 2023. Rakercab ini diharapkan menjadi pedoman bersama dalam menyusun rencana dan program kerja secara terukur, konsisten, terintegrasi, melembaga, dan berkelanjutan.

"Semoga menjadi energi baru bagi Kwarcab Kudus, kita belajar dari 2022 lalu agar kegiatan pada 2023 ini dapat dilaksanakan sesuai rencana," ujar Ketua Kwarcab Kudus. 

Tak kalah pentingnya, Ketua Kwarcab Kudus juga menekankan tentang percepatan pencapaian Pramuka Garuda. Dalam hal ini, pihaknya akan terus mendorong dan memotivasi anggota pramuka untuk lebih giat dan semangat berlatih. Sehingga nantinya target pencapaian Pramuka Garuda di Kwarcab Kudus akan semakin meningkat.

"Juga sudah sounding ke Dinas Pendidikan untuk lebih digalakkan kembali kegiatan-kegiatan pramuka ini, karena kegiatan belajar mengajar sudah normal," katanya.

Kepramukaan menjadi upaya mengembangkan anak-anak dan remaja unggul yang berbudi pekerti luhur dan mempunyai sikap mandiri dalam kebersamaan dan persaudaraan. Oleh karena itu, lanjut Ketua Kwarcab, Gerakan Pramuka harus mampu menghasilkan generasi yang handal sebagai bekal di masa depan.

"Saya rasa materi-materi Pramuka Garuda harus bisa disesuaikan seiring perkembangan zaman, ini biar memacu anak semakin kreatif," pesannya.

Melihat pelaksanaan program kerja tahun 2022 kemarin, Mawar Anggraeni yakin tahun ini bisa lebih maksimal. Supaya rapat ini mencapai kesepahaman, maka komunikasi antara Kwarcab, Kwarran dan Pimsaka harus selalu terjalin. Dalam satu tahun kedepan, dirinya meminta agar program kerja berjalan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB).

"Kita refresh tupoksi masing-masing, supaya program kerja bisa dilaksanakan dengan baik. Serta kalau ada kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai RAB maka mohon maaf saya coret," tegasnya.

Panitia Rakercab, Agus Hari Ageng melaporkan bahwa konsultasi dan koordinasi dilaksanakan guna mempersiapkan program kerja selama satu tahun. Diharapkan melalui forum ini mampu menghasilkan kesepakatan dan keputusan yang bermanfaat bagi Gerakan Pramuka di Kabupaten Kudus. 

"Peserta rapat dengan undangan 110 orang, dari unsur Kwarcab Kudus baik pimpinan dan andalan, Kwarran, dan Pimsaka. Kegiatan sekaligus sebagai sosialisasi aplikasi Ayo Pramuka program dari Kwarnas," jelasnya. (*)

Info