Berita

19 Maret 2023   12:15 WIB

Bunda PAUD Minta IGTKI-PGRI Fokuskan Pendidikan Karakter Anak

Bunda PAUD Minta IGTKI-PGRI Fokuskan Pendidikan Karakter Anak

Bunda PAUD Minta IGTKI-PGRI Fokuskan Pendidikan Karakter Anak

KUDUS - Pengurus Kecamatan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI-PGRI) se-Kabupaten Kudus masa bakti 2022-2027 resmi dilantik. Bertempat di Auditorium UMK, Minggu (19/3), pelantikan dilaksanakan oleh Pengurus IGTKI-PGRI Kabupaten Kudus. Prosesi pelantikan disaksikan langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo yang hadir beserta Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, Harjuna Widada. 

Dalam sambutannya, Bunda PAUD menekankan pentingnya peran IGTKI-PGRI sebagai organisasi profesi yang independen. IGTKI-PGRI dapat menjadi mitra pemerintah dalam upaya memajukan pendidikan anak usia dini. Oleh karena itu, keberadaan IGTKI-PGRI yang strategis perlu selalu meningkatkan kompetensi dan kualitas kerja pada prosesnya.

"Ini mengandung konsekuensi bahwa lembaga kependidikan taman kanak-kanak, agar selalu meningkatkan kompetensi, dan kualitas kerja," ujarnya.

IGTKI-PGRI juga memiliki peranan dalam mempersiapkan generasi penerus dari masa usia emas. Oleh karena itu, Bunda PAUD berpesan agar para pengurus IGTKI-PGRI lebih fokus dalam membentuk karakter anak-anak. Pasalnya di era digital yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini, anak harus memiliki filter terhadap pengaruh negatif yang tidak sesuai dengan budaya. 

"Saat ini dan ke depannya, kita akan menghadapi dampak globalisasi yang lebih kompleks. Maka lebih fokus lagi dalam membentuk karakter anak, apalagi di era digital yang tidak dapat kita bendung," tuturnya.

Kurikulum yang tepat akan memungkinkan anak-anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Menurut Bunda PAUD, dengan perubahan zaman yang semakin cepat, maka kurikulum pendidikan PAUD juga harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap relevan.

"Pendidikan sekarang itu jauh berbeda dengan ketika kita, orang tua dulu. Anak-anak sekarang lebih kritis apalagi dengan media informasi yang semakin canggih," katanya. 

Acara pelantikan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat sinergi seluruh anggota. Dengan bekerja sama secara solid dan saling belajar, diharapkan dapat menciptakan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak usia dini. Bunda PAUD juga mengajak seluruh pengurus untuk tak henti-hentinya untuk berinovasi dan berkreasi.

“Saya ucapkan selamat kepada para Pengurus IGTKI Kecamatan, semoga para pengurus dapat mengemban amanah dan bekerja dengan tulus hati untuk mewujudkan kemajuan dan keunggulan organisasi,” ucapnya. (*)

Info