Berita

20 Maret 2023   13:15 WIB

Ketua Kwarcab Kudus Semangati Kontingen Pesta Siaga Binwil untuk Jadi Yang Terbaik

Ketua Kwarcab Kudus Semangati Kontingen Pesta Siaga Binwil untuk Jadi Yang Terbaik

Ketua Kwarcab Kudus Semangati Kontingen Pesta Siaga Binwil untuk Jadi Yang Terbaik

JEPARA - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kudus, Mawar Anggraeni memberikan semangat kepada Kontingen Kabupaten Kudus dalam Pesta Siaga Tingkat Bina Wilayah (Binwil) Pati. Kwarcab Kudus mengirim 48 putra putri pramuka siaga terbaik yang terbagi kedalam enam barung. Tahun ini kegiatan diselenggarakan di Pantai Tirta Samudra (Pantai Bandengan), Kabupaten Jepara, Senin (20/3). 

Setelah berkeliling menengok aktivitas barung pramuka, Mawar Anggraeni mengaku salut dengan semangat anak-anak dalam mengikuti lomba. Terik matahari menjelang siang hari, seolah tak menyurutkan tekad peserta untuk menunjukkan performa yang terbaik. 

"Walaupun diterpa panas sampai keringetan, mereka tetap semangat untuk menunjukkan yang terbaik," ujarnya. 

Dirinya berharap Kontingen Kabupaten Kudus bisa menjadi yang terbaik dalam pesta siaga ini. Meski demikian, pengalaman berharga dan peningkatan kemampuan kepramukaan tetap menjadi tujuan utama. 

"Berkompetisi bisa menjadi yang terbaik. Harapannya menjadi role model karena mereka disini sudah menjadi yang terbaik karena telah ditempa dan melalui perjuangan," tuturnya.

Sekretaris Kwarcab Kudus, Agus Hari Ageng, menambahkan bahwa barung yang dikirim merupakan barung tergiat satu sampai tiga pada pesta siaga tingkat Kabupaten. Kontingen yang terdiri 48 peserta telah melewati persiapan dan latihan selama beberapa minggu. Hal tersebut untuk menyamakan persepsi dan strategi dalam menghadapi kegiatan. 

"Beberapa pekan latihan rutin sebagai strategi dan menyamakan persepsi untuk menghadapi lomba-lomba di taman pesta siaga. Karena setiap barung ini dari berbagai sekolah," ujarnya. 

Khaira Anindita sebagai anggota barung putri MI NU Tamrinut Thullab mengaku senang bisa mengikuti pesta siaga di tingkat Binwil. Disamping untuk meningkatkan pengalaman kepramukaan, ia juga ingin mengenal teman-teman dari berbagai daerah. 

"Senang karena bisa ketemu banyak peserta dari kota lain. Lombanya juga seru menyenangkan," jelasnya yang baru saja menyelesaikan Taman Bangga Jawa Tengah.  

Setiap barung mengikuti lomba-lomba yang terbagi dalam sembilan taman. Diantaranya Taman Toleransi Beragama, Taman Tanda Pengenal, Taman Bangga Jawa Tengah, Taman Scouting Skill, Taman Fun Ball, Taman Wawasan Kebangsaan, Taman Pentas Seni Budaya, Taman Bumbung Kemanusiaan, dan Taman Kebersihan Lingkungan. (*)

Info