Berita

04 April 2023   08:00 WIB

Penuh Kegiatan Selama Ramadan, Bupati Kudus Puji Upaya Masyarakat Makmurkan Masjid

Penuh Kegiatan Selama Ramadan, Bupati Kudus Puji Upaya Masyarakat Makmurkan Masjid

Penuh Kegiatan Selama Ramadan, Bupati Kudus Puji Upaya Masyarakat Makmurkan Masjid

KUDUS - Kedatangan Bupati Kudus Hartopo di Masjid Jami' Baitul Ma'mur Desa Rejosari Kecamatan Dawe pada Senin (3/4) malam, disambut meriah oleh warga setempat. Antusiasme masyarakat itu memberi kesan tersendiri bagi Hartopo.

"Bangunan masjidnya bagus, jemaahnya juga Alhamdulillah banyak," ucapnya saat menyampaikan sambutan saat tarawih dan silaturahmi bersama (tarhima).

Bupati mendukung kegiatan yang diadakan pengurus masjid selama Ramadan. Terlebih, kegiatan itu disambut positif masyarakat. Hal itu menurut bupati, adalah upaya strategis memakmurkan masjid.

"Kegiatannya sudah bagus. Apalagi kata pengurus masjid, masyarakat juga berperan aktif mendukung kegiatan. Semangat yang luar biasa," imbuhnya.

Semangat masyarakat itu, lanjutnya, tak lepas dari sosok pemimpin Kepala Desa Rejosari Aris Widiarto. Hartopo kagum dengan langkah Aris untuk safari tarawih selama satu bulan penuh di wilayah desa. Selain beribadah bersama, tarawih keliling bisa sekaligus mendengarkan keluh kesah warga.

"Pak kepala desanya juga sudah memberikan contoh yang baik dengan silaturahmi sebulan penuh bersama masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, bupati menyerahkan berbagai santunan. Santunan yang pertama adalah bantuan sarpras peribadatan dan pendidikan keagamaan kepada Masjid Baitul Ma'mur Desa Rejosari sebesar 50 juta rupiah, Musala Darul Muttaqin Desa Margorejo sebesar 20 juta rupiah dan RA Al Falah Desa Rejosari sebesar 15 juta rupiah.

Kemudian, bantuan renovasi rumah terdampak bencana alam sebesar 17,5 juta rupiah juga diserahkan, bersama dengan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar 10 juta rupiah. Lalu, pihaknya menyerahkan santunan kematian kepada 16 ahli waris dengan total nilai 16 juta rupiah.

Hartopo juga menyerahkan santunan anak yatim/piatu untuk 583 anak dengan total bantuan sebesar 145,75 juta rupiah. Dari BPJS Ketenagakerjaan, bupati menyerahkan santunan jaminan kematian untuk satu penerima dan kartu anggota untuk marbut masjid. Pihaknya meminta agar bantuan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Saya mengerti bahwa bantuan yang diberikan sedikit, namun semoga membawa keberkahan untuk semua," tandasnya.

Setelah itu, Hartopo juga sempat meninjau pelayanan vaksinasi yang berada di Puskesmas Rejosari. Lokasinya berada di sebelah timur masjid. Bupati meminta agar puskesmas terus menyosialisasikan vaksinasi agar makin banyak warga yang kebal terhadap Covid-19.

"Yang vaksin masih sekitar 12 orang ya malam ini? Harus terus sosialisasi nggih, biar makin banyak warga yang mengetahui dan vaksin di sini," pintanya kepada salah satu tenaga kesehatan.

Sementara itu, pengurus Masjid Baitul Ma'mur Muhammad Solikin memaparkan bahwa jemaah selalu aktif dalam kegiatan masjid. Salah satunya adalah kajian kitab yang dilaksanakan menjelang azan magrib selama Ramadan. Pihaknya juga menyampaikan warga menyambut gembira kedatangan bupati.

"Matur nuwun, Pak, sudah datang ke masjid kami. Selama saya jadi pengurus masjid, baru kali ini orang nomor satu di Kudus singgah ke sini. Semoga menambah keberkahan masjid," ucapnya. (*)

Info